8 Pertanyaan jebakan saat wawancara melamar pekerjaan

8 Pertanyaan jebakan saat wawancara melamar pekerjaan



1. Kenapa kami mesti mempekerjakan Anda?
Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda. Jabarkan dengan singkat serta terang keunggulan yang Anda punyai, kualifikasi Anda serta apa yang bisa Anda sumbangkan untuk perusahaan itu. Hati-hati, janganlah memberi jawaban yang terlampau umum. Hampir tiap-tiap orang menyampaikan mereka adalah seseorang pekerja keras serta mempunyai motivasi. Berikanlah jawaban yang menunjukkan kekhasan yang Anda punyai.

2. Kenapa tertarik bekerja di perusahaan ini?
Pertanyaan ini adalah salah satu alat untuk si pewawancara untuk tahu apakah Anda menyiapkan diri anda dengan baik. Janganlah pernah datang untuk suatu wawancara pekerjaan tanpa ada tahu latar belakang perusahaan. Dengan mempunyai info yang cukup tentang latar belakang perusahaan itu jadi pertanyaan diatas memberi peluang pada Anda untuk menunjukkan gagasan, serta tunjukkan apakah pengalaman dan kualifikasi yang Anda punyai sebanding dengan posisi yang dibutuhkan.

3. Apa kekurangan paling utama Anda?
Rahasia dalam menjawab pertanyaan diatas yaitu dengan berkata jujur tentang kekurangan Anda, namun janganlah lupa menuturkan bagaimanakah Anda merubah kekurangan itu jadi keunggulan. Umpamanya, apabila Anda mempunyai permasalahan dengan perusahaan terdahulu, tunjukkan langkah yang Anda ambillah. Hal semacam ini menunjukkan bahwa Anda mempunyai kekuatan dalam mengetahui segi yang butuh diperbaiki serta gagasan dalam melakukan perbaikan diri Anda.

4. Kenapa berhenti dari perusahaan terdahulu?
Meskipun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu lewat cara yg tidak baik, Anda mesti waspada dalam memberi jawaban. Upayakan untuk memberi jawaban yang diplomatis. Apabila Anda memberi jawaban yang memiliki kandungan segi negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Apabila anda mengeluhkan perihal pekerjaan terdahulu, jadi hal semacam ini tak berikan poin apa-apa buat Anda.

5. Bagaimanakah Anda menangani permasalahan?
Tak gampang memberi jawaban apabila Anda memperoleh pertanyaan seperti diatas, terlebih apabila Anda baru lulus serta tak mempunyai pengalaman kerja. Pewawancara mau lihat apakah Anda bisa memikirkan gawat serta meningkatkan jalan keluar tanpa ada lihat type persoalan yang Anda hadapi, bahkan juga meskipun Anda tak mempunyai saat yang cukup dalam menangani permasalahan yang dihadapi. Deskripsikan beberapa langkah yang Anda kerjakan dalam mengutamakan pekerjaan. Hal semacam ini menunjukkan bahwa Anda bertanggungjawab serta terus bisa memikirkan jernih meskipun tengah hadapi permasalahan.

6. Prestasi apa yang dibanggakan?
Rahasia dari pertanyaan diatas yaitu dengan menyeleksi serta pilih dengan cara khusus prestasi yang terkait dengan posisi yang tengah di tawarkan. Meskipun Anda pernah memenangkan bola basket pada saat kuliah, namun ini bukanlah adalah suatu jawaban yang diinginkan. Berikanlah jawaban yang lebih profesional serta lebih relevan. Pikirkan kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan itu serta kembangkan misal yang menunjukkan bagaimanakah Anda bisa penuhi keperluan perusahaan.

7. Berapakah upah yang Anda inginkan?
Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sulit terlebih untuk mereka yg tidak mempunyai pengalaman kerja yang cukup. Yang butuh Anda kerjakan saat sebelum wawancara yaitu mencari tahu market upah untuk posisi yang di tawarkan supaya Anda bisa memberi jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk mengulas tentang kompensasi apabila waktunya tiba. Apabila sangat terpaksa, berikanlah jawaban yang berbentuk kisaran angka, bukanlah angka spesifik.

8. Dapat katakan tentang diri Anda?
Mungkin saja pertanyaan diatas nampaknya gampang namun sebenarnya tidaklah semudah yang Anda pikirkan. Yang pasti Anda mesti mengerti bahwa pewawancara tak tertarik untuk tahu apa yang Anda kerjakan diakhir minggu maupun dari daerah mana Anda berasal. Pewawancara berupaya tahu Anda dengan cara profesional. Siapkan dua atau tiga poin tentang diri Anda, baik pengalaman kerja ataupun tujuan karier Anda serta terus berkelanjutan. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkap hasrat Anda juga sebagai sisi dari perusahaan itu. Apabila mempunyai jawaban yang mantap jadi hal semacam ini bisa membawa Anda pada perbincangan yang menunjukkan kualifikasi Anda.

wdcfawqafwef